45 Rumah warga Desa Semen DIBEDAH Th. 2021

Sandang, pangan dan papan merupakan suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan. Ketiganya tidak bisa dipisahkan, ketika salah satu dipisahkan dari ketiganya maka suatu kehidupan tidak akan bahagia. Akan tetapi masih banyak masyarakat terpaksa untuk meninggalkan dari salah satu ketiganya, yg sering ditinggalkan dan tidak dipikir panjang adalah sebuah rumah mereka beranggapan bahwa tidak memiliki rumah atau tempat tinggal tidak akan masalah yang penting ada tempat untuk berteduh dan beristirahat sudah cukup, mereka tidak memikirkan aspek dari segi kesehatan dan keselamatan.

Berikut adalah salah satu rumah yang layak diajukan ke program bedah rumah

Sebagai salah satu stake holder sebuah pemerintahan, pemerintah desa semen beserta staf lainnya memiliki suatu terobosan sehingga dapat menggendong yakni suatu program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari provinsi Jawa Timur dengan kriteria sesuai dengan pedoman pada program BSPS dibuktikan dengan melakukan proses verifikasi sosdes Dan rembug warga. Pada awalnya Desa Semen mendapatkan kuota 15 rumah, akan tetapi karena ada Pemindahan lokasi dari dua desa yang tidak memenuhi kriteria BSPS, sehingga kini ada 45 rumah yang mendapatkan program tersebut.

Rembug warga sebelum pelaksanaan kegiatan BSPS

Program bantuan BSPS ini masing-masing rumah mendapatkan bantuan sejumlah Rp 20.000.000 dengan rincian Rp 17.500.000 yang digunakan untuk material bangunan dan Rp 2.500.000 untuk ongkos pekerja (tukang). Dengan dua kali pencairan melalui bank Mandiri dari provinsi Jawa Timur.

Berikut adalah foto penyerahan buku rekening oleh bapak kepala Bank Mandiri kepada Penerima Manfaat program BSPS

Pembukaan rekening oleh masing-masing penerima manfaat sekaligus pencairan dana material dan dana tukang akan dicairkan di tahap selanjutnya.
Awalnya rumah yg belum dibedah adalah di sebelah kanan , dan sekarang sedang berlangsung pembangunan rumah di sebelah kiri dari program BSPS
Untuk pembangunan rumah tersebut dijadwalkan selesai pada akhir bulan Juli 2021
Proses droping material
Pengecekan struktur bangunan oleh pendamping program BSPS
Bentuk swadaya masyarakat

Harapan dari pendamping program BSPS pembangunan yang dilaksanakan di desa semen dapat dilaksanakan tepat waktu dengan kualitas yang baik, sehingga mempermudah pengajuan di tahun berikutnya. Selain dari pada itu, harapan besar dari pemerintah desa semen akan segera menuntaskan Rumah Tidak Layak Huni sehingga masyarakat akan memperoleh kehidupan yang sehat, aman dan nyaman.