Sosial Ekonomi Desa Semen

Keadaan Sosial

Kebutuhan sosial merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang dalam menempuh kehidupan jangka panjang baik bidang pendidikan, kesehatan maupun lainnya. Kerawanan sosial akan berdampak negatif terhadap kehidupan masyarakat, oleh karenanya hal-hal yang berkaitan dengan sosial kemasyarakatan menjadi bagian penting untuk diatasi sebab akan berdampak pada kerawanan lainnya.

Penduduk miskin di Desa Semen sejak era reformasi setiap tahunnya cenderung meningkat meski presentasinya kecil, demikian halnya dengan jumlah pengangguran. Hal in disebabkan oleh pengaruh adanya krisis ekonomi yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Namun demikian sebenarnya mereka selalu berupaya keras untuk mengatasi masalahnya sendiri agar bisa keluar dari lilitan kemiskinan meupun pengangguran baik secara mandiri maupun melalalui program Taskin dari pemerintah dan lainnya.

Keadaan Ekonomi

Kebutuhan akan ekonomi sangat berpengaruh pada kehidupan manusia, untuk itu diperlukan adanya upaya yang positif agar persaingan yang tidak sehat dapat dihindari. Kawasan desa Semen pada dasarnya tahanya relatif subur. Hal ini didukung dengan adanya irigasi yang mudah yang memberikan kontribusi yang cukup besar di bidang pertanian sehingga menjadi daya saing bagi produk pertanian. Namun demikian masih diperlukan penanganan yang lebih baik. Berikut ini adalah tabel jumlah penduduk berdasarkan mata pencaharian. Dibawah ini adalah tabel mata pencaharian penduduk Desa Semen:

No

Mata Pencaharian

Jumlah

Prosentase

1

Pertanian

3.211 orang

42,80 %

2

Jasa/ Perdagangan 1. Jasa Pemerintahan 2. Jasa Perdagangan 3. Jasa Angkutan 4. Jasa Ketrampilan 5. Jasa lainnya

105 orang 350 orang 67 orang 35 orang 24 orang

1,40 % 4.67 % 0.90 % 0.47 % 0.32 %

3

 Sektor Industri

65 orang

0.87 %

4

Sektor lain

3.652 orang

48.64 %

Jumlah

7.509orang

100 %