Kuliner & Jajanan Khas

Kuliner merupakan sebuah gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Karena setiap orang memerlukan makanan yang sangat dibutuhkan sehari-hari. Mulai dari makanan yang sederhana hingga makanan yang berkelas tinggi dan mewah. Semua itu, membutuhkan sajian khas yang menggugah selera, dalam hal ini yang ada di Desa Wisata Semen menyajikan kuliner khas desa yang sederhana.

Di Desa Wisata Semen wisatawan dapat menikmati kuliner khas dengan berbagai pilihan menu yang ada disini. Selain itu, wisatawan juga dapat belajar olahan masakan desa yang sederhana yang menjadi menu pilihan anda. Kuliner desa wisata ini adalah suatu bagian hidup yang erat kaitannya dengan konsumsi makanan sehari-hari.

1. Nanas Banasari

Desa wisata semen adalah salah satu penghasil nanas. Di sini terdapat nanas yang menjadi unggulan dari desa Semen yaitu Nanas Banasari. Dalam upaya meningkatkan nilai tambah dari produk pertanian nanas banasari. Maka di lakukakn pengolahan menjadi produk olahan. Adapun produk olahannya menjadi minuman sari nanas, selai nanas, dan juga permen nanas.

2. Minuman Sari Nanas Banasari

Minuman Sari Nanas Banasari ini salah satu kreasi dari berbagai macam olahan Nanas Banasari yang ada didesa Semen. Karena rasa dari Nanas Banasari sendiri sudah manis, akan sangat cocok jika diolah menjadi minuman pelepas dahaga.

3. Selai Nanas Banasari.

Citarasa nanas sangatlah khas yaitu manis bercampur dengan rasa asam. Buah nanas memiliki daging buah yang kaya air dan zat gizi. Pemanfaatan buah nanas yang melimpah juga mendorong masyarakat untuk berkreasi membuat banyak produk dari buah tersebut. Salah satu produk kreasi andalan di Desa Semen adalah selai nanas. Proses pembuatan selai nanas diawali dengan membersihkan nanas kemudian disangrai dan ditambah beberapa bahan sampai selai matang dan dikemas. Produk ini bisa dijadikan buah tangan kepada wisatawan yg ingin membelinya.

Selai Nanas merupakan salah satu produk andalan di Desa Semen. Pemanfaatan Buah Nanas yang melimpah juga mendorong masyarakat untuk berinovasi membuat berbagai produk dari buah tersebut. Proses pembuatan selai nanas diawali dengan membersihkan nanas kemudian disangrai dan ditambah beberapa bahan sampai selai matang dan di kemas.

4. Permen Nanas Banasari

Pemanfaatan buah nanas di desa semen juga mengasilkan olahan berupa permen nanas. Selain dikonsumsi langsung, nanas juga bisa disajikan menjadi beragam menu berbeda. Salah satunya adalah permen nanas. Permen nanas merupakan salah satu kreasi produk olahan nanas dari Desa Semen. Bahan yang digunakan meliputi nanas, gula dan sirup jagung. Permen nanas merupakan produk dengan bahan alami, tidak menggunakan pengawet maupun pemanis buatan.

Proses pembuatan permen nanas ini hampir sama dengan pembuatan selai nanas yang membedakan adalah setelah matang adonan di bentuk seukuran permen dan di jemur hingga kadar airnya berkurang baru setelah itu di kemas dan siap di konsumsi.

5. Peyek

Peyek merupakan makanan yang umum bisa kita temukan di jawa Timur. Makanan yang terbuat dari tepung terigu serta bumbu dan jg isian ini umumnya di konsumsi sebagai pendamping makanan utama ataupun sebagai camilan.
Di desa semen ada jg warga yg memproduksi peyek. Selain untuk menambah penghasilan warga peyek yg mereka buat juga bisa dijadikan buah tangan kepada wisatawan yg ingin membelinya.

6. Kripik Mbothe

Kripik mbote juga menjadi salah satu produk yg ada di desa semen. Pemanfaatan mbote sebagai camilan juga bisa menambah penghasilan masyarakat.  Keripik mbote atau talas merupakan produk camilan dari Desa Semen yang kaya akan antioksidan yang baik. Salah satu jenis antioksidan tersebut merupakan quercetin. Quercetin yaitu polifenol yang memberikan warna ungu pada talas dan juga bersifat melawan kanker. Pigmen pada tanaman talas juga memiliki sifat anti-peradangan.

Proses pembuatan keripik ini adalah dengan memotong tipis talas, ditaburi garam dan bumbu penyerta lalu dijemur kemudian digoreng kering. Keripik mbote sangat cocok untuk teman minum kopi atau teh.

Mbothe sendiri kaya akan antioksidan yang baik. Salah satu jenis antioksidan tersebut merupakan quercetin. Quercetin yaitu polifenol yang memberikan warna ungu pada talas dan juga bersifat melawan kanker. Pigmen pada tanaman talas juga memiliki sifat anti-peradangan. Proses pembuatan keripik ini adalah dengan memotong tipis talas, ditaburi garam dan bumbu penyerta lalu dijemur kemudian digoreng kering.

7. Keripik Pisang

Pisang merupakan tumbuhan tropis yang biasa hidup di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Sehingga banyak terdapat di berbagai daerah dan mudah mendapatkannya. Keripik pisang merupakan salah satu makanan jajanan yang sangat disukai oleh masyarakat. Di Desa semen pun pemanfaatan pisang untuk di jadikan keripik pisan dapat menjadi penambah penghasilan masyarakat. Karena produk ini yang sifatnya umum sehingga membuat banyak orang tidak bosan dan membelinya.

Pisang yang sering digunakan menjadi bahan utama adalah pisang kepok. Pisang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Camilan renyah satu ini mempunyai citarasa yang asin manis dengan aroma bawang yang gurih. Keripik pisang dijadikan sebagai ide bisnis makanan masyarakat Desa Semen, karena selain harganya yang murah dan awet bisa juga dijadikan untuk oleh-oleh.

8. Keripik Singkong

Kripik singkong adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Perkembangan sekarang banyak memunculkan variasi rasa keripik singkong, tidak hanya asin gurih tetapi juga asin pedas dan manis pedas atau dikenal sebagai bumbu balado. Makanan ini tersebar hampir merata di seluruh Pulau Jawa.

Keripik singkong adalah salah satu produk camilan dari Desa Semen. Bahan yang diolah adalah singkong pilihan yang masih segar. Proses pembuatannya yaitu singkong dikupas, diiris tipis kemudian diberi tambahan bumbu seperti bubuk bawang dan garam lalu digoreng. Berdasarkan data Kemenkes RI (TKPI), setiap 100 gram keripik singkong mengandung 189 mg kalsium dan 101 mg fosfor. Ini menunjukkan bahwa kandungan kalsium dan fosfor cukup tinggi yang dapat membantu mineralisasi gigi dan dapat menurunkan kolestrol jahat. Camilan ini selain menjadi favorit masyarakat juga ternyata baik untuk kesehatan kita loh!

9. Kripik Rebung

Desa wisata semen juga memiliki olahan yang unik berupa kripik Rebung. Produk Kripik rebung ini bisa di peroleh di galeri Ukm di desa wisata semen atau langsung menghubungi pembuatnya sehingga bisa menjadi buah tangan untuk para wisatawan.

Pembuatan keripik rebung: rebung dikupas kemudian diiris tipis, rendam irisan rebung tersebut ke dalam air kurang lebih 30 menit, lalu jemur hingga kering dan tidak berair. Kemudian rebung digoreng dengan adonan tepung yang telah dibumbui bawang putih, kemiri dan garam. Tunas bambu muda yang sebelumnya hanya diolah menjadi sayur, kini dapat juga diolah menjadi camilan yang punya nilai ekonomis yang bisa meningkatkan penghasilan warga.

10. Keripik Gambas (Oyong)

Oyong atau Luffa merupakan tanaman dari keluarga Cucurbitaceae. Tanaman ini banyak tersebar di seluruh wilayah Asia dan Amerika Serikat. Gambas (oyong) sendiri juga punya banyak manfaat buat kesehatan.

Manfaatnya antara lain seperti mencegah diabetes, mengurangi gejala nyeri sendi, bahkan mencegah anemia. olahan gambas di desa semen selain di konsumsi langsung sebagai sayur yakni dengan membuat keripik gambas sehingga dapat menambah penghasilan untuk masyarakat di desa semen.

11. Keripik Jamur


Jamur memang menjadi salah satu bahan makanan yang keberadaanya cukup popular. Seperti namanya jamur memang kini telah menjamur keberadaannya di masyarakat. Harganya yang murah dan khasiatnya yang lebih membuat banyak orang gemar mengkonsumsi jamur. Jamur memang menjadi salah satu makanan sehat yang banyak disukai orang.

Khasiat jamur bagi kesehatan dengan sangat banyak diantaranya adalah menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko hipertensi dan stroke, menurunkan berat badan, mengatasi flu dan demam, aman bagi penderita diabetes, mencegah kanker payudara, kurangi risiko kanker prostat, melawan radikal bebas juga sangat baik bagi ibu hamil.

Dari banyaknya khasiat jamur tersebut warga desa semen juga memanfaatkan tumbuhan ini sebagai salah satu produk yang ada di desa ini. olahan jamur di desa semen ini berupa kripik jamur. kripik yang di buat warga mempunyai rasa yang gurih serta renyah. Kripik Jamur desa semen juga bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang di bawa oleh wisatawan.

12. Sale Pisang

Sale pisang adalah makanan olahan dari buah pisang yang dipotong tipis-tipis kemudian dijemur. Tujuan penjemuran adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga pisang sale lebih tahan lama.

Sale pisang banyak digemari masyarakat karena rasanya yang manis dan lezat. Sangat pas dinikmati di sela –sela aktivitas yang padat.

13. Kripik Pare

Buah pare merupakan tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis, terutama daerah India Barat. Anggota suku labu-labuan atau Cucurbitaceae ini biasa dibudidayakan atau dimanfaatkan sebagai sayuran atau bahan pengobatan.

Di Desa Semen buah pare ini diolah sedemikian rupa tanpa menggunakan bahan kimia sehingga tercipta keripik yang renyah, enak dan sehat tentunya.

Manfaat dari kripik pare ini dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit seperti diabetes, kanker, dan penyakit paru-paru.

Olahan kripik pare ini selain digunakan untuk menggugah minat masyarakat untuk gemar makan sayuran juga berfungsi untuk menambah penghasilan masyarakat di desa semen.

14. Matari / Kue Matahari

Salah satu kue kering dan jajanan pasar yang sangat popular dan biasanya mudah ditemukan di toko dan lapak-lapak pasar tradisional Desa Semen. Kue matari ini merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang berbahan dasar tepung beras.

Disebut Kue Matari atau kue Matahari karena bentuknya yang menyerupai dengan matahari dan proses membuatnya adonan digoyang-goyang sehingga terlepas dari cetakan.

15. Sagon

Sagon merupakan sejenis kue basah yang terbuat dari kelapa yang di parut dan tepung ketan. Kue sagon merupakan kue kering tradisional yang terbuat dari kelapa parut dan tepung beras ketan disangrai hingga kering, ditambahkan sedikit air dan gula pasir lalu dicetak dan dipanggang. Biasanya sajian camilan ini cocok dinikmati bersama teh hangat karena mempunyai citarasa yang gurih dan manis.

Dua bahan utama ini berupa parutan kelapa dan tepung tersebut di padatkan di loyang khusus. Citarasa yang dihasilkan cenderung gurih dan manis.

16. Opak Gambir

Opak gambir pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Opak gambir merupakan kue semprong yang merupakan makanan ringan tradisional khas Blitar yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh, hidangan lebaran atau camilan sehari-hari. Opak gambir sangat cocok untuk dihidangkan diatas meja. Opak gambir dikenal sebagai jajanan tempo dulu karena memang dahulunya jajanan ini sempat menjadi camilan yang populer.

17. Uceng Krispy

Uceng crispy yang terbuat dari ikan uceng pilihan diolah secara hygienis menghasilkan rasa yang renyah gurih dan nikmat. Kita tahu Blitar sangat identik dengan Uceng. Ikan uceng (Nemacheilus Fasciatus) tergolong kedalam famili Balitoridae dan Genus Nemacheilus. Ikan ini hidup di sungai yang airnya mengalir agak deras dengan dasar bebatuan sebagai tempat perlindungannya. Ukuran tubuhnya kecil, panjang maksimalnya hanya mencapai 10 cm saja. Oleh karena berlindung di bebatuan, ikan ini cukup sulit untuk ditangkap. Biasanya masyarakat sekitar sungai menangkapnya dengan menggunakan jaring, pancing, dan celik (anyaman bambu mirip bubu tetapi ukurannya lebih kecil).

Ikan Uceng merupakan salah satu jenis ikan yang tahan hidup pada kandungan oksigen rendah dan kekeruhan air yang tinggi. Ikan ini merupakan salah satu komoditas favorit yang menjadi sasaran tangkap di perairan Desa Semen. Ikan uceng ini banyak digemari masyarakat, karena rasanya yang nikmat, gurih, lezat dan kandungan nutrisi yang tinggi. Ikan uceng tidak hanya dijual dalam keadaan segar, namun hasil olahan ikan uceng dapat disajikan dalam bentuk Ikan Uceng  goreng yang cukup tahan  lama dan dapat dikemas dengan berbagai ukuran dan rasa, sehingga cukup menarik untuk dipasarkan.

18. Jajanan Pasar

Secara tradisional jajan pasar disajikan dalam tampah sebagai suguhan spesial saat ada perayaan atau upacara. Berbahan sederhana dari umbian dan tepung yang ada di sekitar rumah. Umbian dan kelapa jadi bahan utama jajan pasar tampah.

Berikut ini beberapa jenis jajan pasar sederhana yang umumnya dibuat sendiri dan disajikan buat tamu atau sesajian upacara. Diantaranya cenil, lupis, klepon, gethuk, jongkong, dsb. Biasanya cara menikmati jajanan pasar tersebut bisa ditaburi parutan kelapa muda dan disiram gula merah. Ini membuat siapa saja pasti suka dengan jajanan pasar.